Lhiformen Obat Kuat Alami untuk Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini
Lhiformen Obat Kuat Alami untuk Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini

Video 'Pesawat Besar Menabrak Jembatan'




Isi Klaim :

"Breaking News

Huge Plane Crashes Into Bridge!

< Link >

Huge plane crashes into a bridge, watch this terrible accident! 18+ only!"


Hoax atau Fakta :
HOAX dan SCAM.

Analisis :

Rumor yang diposting melalui Facebook ini mengklaim untuk menunjukkan video dari Pesawat besar yang terlihat menabrak jembatan (dalam kecelakaan yang mengerikan). Ini bukan fakta, postingan tersebut merupakan salah satu pesan scam 'ClickJacking' di Facebook.

Kisah 'Breaking News' muncul di Facebook sebagai snapshot atau cuplikan menunjukkan sebuah pesawat menabrak jembatan lalu lintas yang ramai dan dilengkapi dengan judul yang jika diklik akan terkait dengan halaman situs web lainnya.

Dalam kebanyakan kasus, halaman web hosting video seperti ini biasanya hanya halaman Facebook palsu (Tekhnik Phising), dan ini salah satu cara untuk meyakinkan (menipu) pengguna bahwa video tersebut memang ada.

Scammers umumnya menggunakan website sah untuk berbagi semua cerita palsu tersebut, seperti yang ditunjukkan pada screenshot dari satu situs tersebut :



Bila pengguna Facebook mengklik tautan atau gambar postingan dan mencoba untuk memutar video di situs hostingnya, maka akan diminta untuk 'berbagi link video pertama' sebelum melihat video tersebut. Setelah video dibagi pada pengguna Facebook, maka secara otomatis scam ini akan menyebar ke seluruh pertemanan Anda (friendlist), yang sebenarnya pengguna diarahkan ke sebuah situs iklan atau situs lain terkait promosi, seperti survei atau menginstal aplikasi Facebook 'jahat' (malware) dan perangkat lunak lain yang berbahaya bagi komputer atau gadget Anda.

Biasanya, atas nama survei, pengguna juga dapat dirampas informasi pribadi mereka, seperti nomor telepon, email, dan lain sebagainya. Faktanya, tidak ada video nyata yang benar-benar dapat Anda tonton pada situs tersebut.

Gambar 'Pesawat menabrak jembatan' yang datang dengan cerita, sebenarnya adalah sebuah karya ilustrasi digital dari seniman 'Steve McGhee'. Di salah satu albumnya yang menggambarkan sebuah 'Bencana'.


http://stevemcghee.com/?page_id=1491

Kesimpulan :

Sudah tidak asing lagi di internet, sebuah gambar hasil karya orang lain disalahgunakan oleh para Scammer. Gambar seorang pria seperti 'melompat dari pesawat' juga ditambahkan untuk mendramatisir cerita.

Jadi jika Anda melihat postingan Facebook yang mengklaim menampilkan 'video sebuah pesawat besar menabrak jembatan', maka waspadalah, lekas tinggalkan dan beralih ke halaman lain, karena pada dasarnya hanya sebuah scam clickjacking.

Jika Anda telah menjadi korban Scam untuk semacam ini, Anda dapat menghapus posting dari dinding Anda, dan jika Anda telah memberikan informasi pribadi Anda seperti nomor telepon, Anda dapat memeriksa situs web untuk berhenti berlangganan dan mengganti password Facebook Anda. Jika Anda telah menginstal aplikasi Facebook yang tidak berguna, Anda dapat menghapusnya dari bagian Apps di Pengaturan Akun.

https://www.facebook.com/settings?tab=applications

Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


Referensi :
  • Dari berbagai sumber

0 Response to "Video 'Pesawat Besar Menabrak Jembatan'"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.