Lhiformen Obat Kuat Alami untuk Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini
Lhiformen Obat Kuat Alami untuk Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini

Candi Kuno Ditemukan Di Dalam Laut Bali!





Isi Klaim :

"Under Water Temple discovered off the coast Pemuteran, Bali in the middle of deep sea. Temple is very ancient and scientists believe that it was built atleast over a thousand years ago & was constructed in the sea only. It was converted into a Temple Garden in 2005 for promoting tourism. Amazing Building & Architecture Technology of Hindus (Sanatan Dharma)!"


Hoax atau Fakta :
Sebagian Fakta..

Analisis :

Gambar-gambar mirip peninggalan candi kuno di bawah laut itu pertama kali disebarkan oleh seorang pengguna Twitter yang mengatakan bahwa telah ditemukan sebuah candi bawah laut di sejumlah titik di perairan antara pulau Jawa dan Bali.

Sontak saja berita itu ditindaklajuti oleh sejumlah media nasional terkemuka di Indonesia.

Sejumlah ahli arkeologi dan pejabat pemerintah yang bertanggung jawab terhadap peninggalan bawah laut yang diwawancarai berbagai media mengaku belum pernah mendengar temuan itu dan berjanji akan menyelidikinya.

Foto taman buatan yang diklaim atau disangka Candi kuno.

Sebagian liputan mengenai 'peninggalan candi Hindu' itu juga memperdebatkan keaslian foto-foto dan menawarkan berbagai teori bagaimana sebuah candi bisa tenggelam di bawah laut.

Taman karang buatan

Namun kemudian diketahui bahwa foto-foto itu diambil dari blog milik seorang pengusaha alat-alat selam di Pemuteran, Bali, Paul Turley.

Warga Inggris pemilik perusahaan selam PT Sea Rovers itu mengatakan dia memasang foto-foto itu di blognya pada bulan Mei tahun 2009 untuk memperlihatkan keindahan taman terumbu karang buatan bernama Taman Pura kepada wisatawan yang tertarik untuk menyelam. Ia mengaku terkejut ketika tiba-tiba pada hari itu blog miliknya kebanjiran pengunjung.

"Saya tidak tahu bagaimana tiba-tiba banyak orang melihat laman itu. Saya membaca beritanya di internet bahwa ada orang yang memposting foto-foto saya,"

Padahal dalam laman Paul itu disebutkan bahwa taman terumbu karang bernama Taman Pura ditenggelamkan tahun 2005 sebagai bagian dari proyek konservasi terumbu karang di daerah Pemuteran.

Namun dia mengatakan, sayangnya setelah berita mengenai 'candi bawah laut' ini tersebar di media, tidak ada yang mengkonfirmasi kepadanya lagi.

Proyek konservasi Karang Lestari

Taman Pura adalah bagian dari proyek konservasi terumbu karang bernama Karang Lestari yang dimulai pada bulan Juni 2000 di daerah Pemuteran dengan menenggelamkan berbagai jenis benda ke laut.

Proyek ini melibatkan para pemilik hotel, nelayan, perusahaan penyelaman, ilmuwan, dan pegiat konservasi lingkungan untuk melindungi dan merehabilitasi terumbu karang serta meningkatkan persediaan makanan ikan.










Tujuan proyek ini, selain untuk melestarikan terumbu karang juga untuk meningkatkan perekonomian nelayan dan menjadi obyek pariwisata.

Pada tahun 2005, orang-orang yang terlibat proyek ini mulai membuat Taman Pura dengan menenggelamkan benda-benda seni seperti patung dan gapura yang dibeli dari pengrajin setempat.


Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=Up0Lol4mgig

Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


Referensi :
  • http://www.thejakartapost.com/news/2010/08/19/underwater-temple-the-new-%E2%80%98in%E2%80%99-spot-scuba-divers.html-0
  • http://www.indonesia.travel/en/destination/747/the-serene-pemuteran-beach-and-its-phenomenal-underwater-temple
  • http://thejakartaglobe.beritasatu.com/archive/mystery-of-underwater-hindu-temple-in-bali-solved/
  • https://www.youtube.com/watch?&v=Up0Lol4mgig
  • Dari berbagai sumber

0 Response to "Candi Kuno Ditemukan Di Dalam Laut Bali!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.