Lhiformen Obat Kuat Alami untuk Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini
Lhiformen Obat Kuat Alami untuk Mengatasi Impotensi dan Ejakulasi Dini

GPS Yang Melekat Pada Kaca Depan Mobil Meledak Akibat Panas Sinar Matahari!




Isi Klaim :

"GPS Battery Explosion

If you have a portable GPS. FYI

Don't leave your GPS attached to your windshield in the summer....

An employee at China Lake NAS left their GPS in the bracket attached to the windshield in the sun. The battery overheated and exploded. See the damage in the attached pictures. A good lesson for all of us!"

"Foto-foto menunjukkan setelah kebakaran mobil yang disebabkan oleh perangkat GPS panas oleh sinar matahari."

"GPS left on dashboard in the sun -- and Exploded."

"Feel free to pass this along to anyone you want. Better safe than sorry.

GPS left on dashboard in the sun - WOW! Keep those electronics with Lithium Batteries out of the sun!!!!!!!!

Looks like a good lesson to learn. I would bet this also applies to Cell phones, tablets, digital cameras, and other devices that use lithium batteries. You think this may be a reason why the US Postal Service will not ship electronic devices that contain lithium batteries any longer?

GPS was placed in its bracket in the windshield and left in the sun. The battery overheated and exploded!

Can you say Totaled?"

"Gawat! GPS Bisa Meledak di Dalam Mobil Karena Kepanasan.

"GPS Yang Melekat Pada Kaca Depan Mobil Meledak!

Hati-hati, jangan memasang GPS dekat kaca depan dan terkena sinar matahari langsung, jika kepanasan bisa meledak seperti gambar di bawah ini.."






Hoax atau Fakta :
Mix antara Hoax dan Fakta.

Analisis :

Foto yang beredar sejak beberapa tahun belakangan di media sosial, forum dan berbagai blog ini diklaim menunjukkan 'kerusakan akibat kebakaran yang signifikan dalam mobil'. Dikatakan bahwa api berasal dari panas matahari, unit GPS portabel yang dipasang di kaca depan (jendela depan) berakhir dengan sebuah ledakan. Foto-foto ini secara luas dibagi melalui email juga, namun faktanya tidak seperti apa yang digambarkan.

Dalam penelusuran kami, pada tahun 2009, gambar-gambar yang beredar dengan klaim hampir serupa juga ada, tetapi terkait untuk ledakan iPhone dan iPod :

"As some of you may know, we had a pretty scary incident recently. Attached are pictures of what remains of our 2007 Suburban. We are all okay but I wanted to warn everyone not to make the same mistake I did.

This fire resulted from leaving an Iphone charger/docking station plugged into the car outlet. It overheated and started a fire, while parked in our garage. PLEASE unplug anything you have in your car outlets once you turn off your car!

We were VERY fortunate that we accidentally found the fire, at 11pm, before going to bed and before it spread to the house. None of our garage heat detectors or house fire alarms went off (another item to take care of on my to do list). The boys, Jonathan and I were pretty freaked out but we're all enjoying our new car at least.

Feel free to pass this along to anyone you want. Better safe than sorry."

http://www.tannerwilliamson.com/apple-automotive-iphone-car-adapters-ipod-charger-cause-vehicle-fire/1072/

Pada bulan Juni 2012, foto-foto yang sama (mirip) juga tampil di situs Edwards Air Force Base. Dan diklaim bahwa 'Seorang karyawan di Naval Air Weapons Station China Lake (California), meninggalkan Unit GPS miliknya di braket yang menempel pada kaca depan mobilnya di bawah terik matahari, ketika baterai terlalu panas dan meledak. Selanjutnya, artikel itu juga menyebutkan bahwa Garmin GPS telah menarik semua unit karena masalah yang serupa (meledak).

http://www.edwards.af.mil/news/story.asp?id=123305633

http://web.archive.org/web/20120825105347/http://www.edwards.af.mil/news/story.asp?id=123305633

Fakta yang kami temukan, perusahaan Garmin memang benar melakukan 'penarikan' (recall) beberapa perangkat navigasi pribadi (GPS) Nuvi 200W, 250W, 260W dan Type 750, 760 dan 765 pada tahun 2010, karena perangkat Baterai yang mereka produksi memiliki potensi untuk cepat panas dan terbakar, tapi meski demikian, Garmin tidak menyebutkan bahwa 'panas dari matahari dapat memicu kebakaran'. Penarikan produk ini hanya pada pemilik mobil Nissan, Volvo, dan Suzuki. Perusahaan juga mengatakan masalah ini tidak menimbulkan cedera atau kerusakan properti yang signifikan.

https://my.garmin.com/rma/recallLanding.faces

http://garmin.blogs.com/pr/2010/08/garmin-announces-limited-recall-of-certain-n%C3%BCvi-personal-navigation-devices.html

Asal-usul Foto :

Insiden seperti terlihat pada foto-foto itu benar terjadi, dan terjadi di Amerika Serikat pada bulan Februari 2012 pada kendaraan milik Burnett yang juga pemilik West Kentucky Garage Builders.

http://www.westkentuckygaragebuilders.net/index.html

Ia mengakui telah meninggalkan GPS Garmin terpasang pada semua truk perusahaannya, karena dia tidak pernah membayangkan hal seperti ini bisa terjadi.

Seorang mekanik, Mike Boyd, sama sekali tidak terkejut, lebih lanjut ia menyatakan "Baterai pada mobil Anda menjadi panas sepanjang waktu, perangkat ini terdiri dari tegangan 12 volt, dan sistem 12 volt pada kebanyakan kendaraan jika sesuatu terjadi kerusakan ringan sampai berat, ya itu akan menyebabkan kebakaran. Kadangkala juga disebabkan oleh baterai mobil itu sendiri. Jadi, lain kali, jangan meninggalkan gadget dalam keadaan hidup atau menyala di dalam. Jika sirkuit atau sekering tidak diberi pendingin (kipas) atau terlindungi dengan baik, maka jangan heran jika Anda akan memiliki api di mobil Anda."

Untuk cerita lengkap dan tampilan video berjudul 'GPS explodes inside truck' dapat Anda simak disini :

http://www.wpsdlocal6.com/news/local/GPS-Explodes-Inside-Truck-138535859.html
*Sayangnya video sudah dihapus.

Kesimpulan :

Foto yang beredar hanyalah gambaran dimana kejadian ledakan oleh baterai dari perangkat elektronik, bukan akibat panas matahari. Dari tahun-ke-tahun, isi klaim dan cerita dilekatkan pada foto yang dibagikan (share) berganti-ganti, mulai dari ledakan iPhone, ledakan elektrik dashboard, sampai ledakan perangkat GPS.

Dari beberapa berita surat kabar yang kami temukan, kebakaran pada perangkat GPS memang kerap terjadi, tetapi umumnya terjadi pada malam hari, bukan pada siang hari atau pun karena disebabkan terik matahari.

Faktanya, kebakaran atau ledakan kecil di dalam mobil dapat disebabkan oleh perangkat elektronik apa pun, termasuk Laptop, GPS, Radio, atau ponsel. Kesadaran sosial sangat dibutuhkan disini, para ahli dibidang elektronika menghimbau agar pengguna perangkat elektronik (gadget) sekalgus pemilik kendaraan, tidak meninggalkan perangkat elektroniknya (baik yang sudah terpasang sejak pembelian, internal dan perangkat eksternal) di dalam mobil dalam waktu yang lama, terlebih jika ditinggalkan dalam keadaan hidup (on). Konsleting arus elektrik dan buruknya kualitas baterai yang dipakai bisa menyebabkan perangkat panas dan terbakar, atau bahkan menimbulkan ledakan kecil.

Sikapi dengan bijak, semoga bermanfaat.
Salam Internet Sehat!


Referensi :
  • http://web.archive.org/web/20120825105347/http://www.edwards.af.mil/news/story.asp?id=123305633
  • http://www.tannerwilliamson.com/apple-automotive-iphone-car-adapters-ipod-charger-cause-vehicle-fire/1072/
  • http://garmin.blogs.com/pr/2010/08/garmin-announces-limited-recall-of-certain-n%C3%BCvi-personal-navigation-devices.html
  • https://my.garmin.com/rma/recallLanding.faces
  • http://web.archive.org/web/20120204084329/http://www.wpsdlocal6.com/news/local/GPS-Explodes-Inside-Truck-138535859.html
  • http://www.motortrend.com/roadtests/suvs/112_0611_fullsize_suv_comparison/photo_03.html
  • http://www.insurancechat.co.za/2012-04/could-your-gps-explode-and-cause-damage-to-your-vehicle/
  • Dari berbagai sumber

0 Response to "GPS Yang Melekat Pada Kaca Depan Mobil Meledak Akibat Panas Sinar Matahari!"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.